Data Inflasi Inggris Melemah, GBPUSD Tembus Level Psikologis 1.2300

Data Inflasi Inggris Melemah, GBPUSD Tembus Level Psikologis 1.2300

Diperbarui • 2023-01-18

Indeks Harga Konsumen (CPI) tahunan Inggris pada bulan Desember menurun menjadi 10,5%  dari laporan di November di angka 10,7% bahkan lebih rendah dari perkiraan 10,6%, turun dari level tertinggi sejak Desember 1981, Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) pada Rabu melaporkan. Sementara itu, inflasi inti tahunan (tidak termasuk bahan makanan dan energi) naik 6,3% bulan lalu dibandingkan 6,3% dari laporan di November, meleset dari perkiraan 6,6%.

Angka bulanan ini menunjukkan bahwa harga konsumen Inggris naik 0,4% pada bulan Desember sama dengan ekspektasi 0,4% dan laporan sebelumnya juga di 0,4%. Indeks Harga Eceran Inggris untuk bulan Desember mencapai 0,6% pada basis bulanan dan 13,4% pada basis tahunan.

Komentar Gubernur Bank of England (BoE) Andrew Bailey di awal pekan ini dapat dianggap bertanggung jawab atas kenaikan GBPUSD meskipun angka inflasi melemah. Pembuat kebijakan telah memperkirakan inflasi yang lebih lemah tetapi tidak mundur dari bias kenaikan suku bunga.

Di sisi lain, Indeks Dolar AS yang berjuang untuk membukukan kenaikan hari ketiga berturut-turut, justru  melemah setelah menyentuh level tertinggi harian terbesar di dua minggu terakhir di level 102.89. Kenaikan indeks dolar AS ini menyambut penurunan imbal hasil obligasi yang dipicu oleh Bank of Japan (BoJ) yang masih mempertahankan kebijakan moneternya. Imbal hasil obligasi Treasury AS membalikkan rebound awal hari sementara turun menjadi 3.477%.

Reaksi Pasar

GBPUSD naik dan memperbarui level tertinggi lima pekan setelah angka inflasi bulanan Inggris untuk bulan Desember menurun. Sementara itu, imbal hasil yang suram mendukung rebound Dolar AS menjelang Penjualan Ritel AS, PPI.

Tren

GBPUSD menghindari menurunnya data inflasi Inggris dan terus bergerak di atas level tertinggi lima minggu, mencapai level 1.2340 yang menjadi level tertinggi hariannya. Pasangan Cable ini melanjutkan kenaikan tajam di sesi kemarin dan berpotensi menuju level 1.2400 hanya jika berhasil menembus ke atas level 1.2350.

Rencana Perdagangan

Potensi Buy GBPUSD pada level 1.2345 dengan target profit pada level 1.2360/1.2370

Potensi Sell GBPUSD pada level 1.2340 jika gagal menembus level resistance penting 1.2350 dengan target profit pada level 1.2330/1.2320

GBPUSD 18012023.jpg

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera