EURUSD Konsolidasi di Sekitar Level 1,0930 Atas Sikap Dovish Fed

EURUSD Konsolidasi di Sekitar Level 1,0930 Atas Sikap Dovish Fed

Diperbarui • 2024-03-21

EURUSD memperpanjang kenaikannya untuk sesi kedua berturut-turut pada Kamis (21/03/2024) setelah the Fed mempertahankan suku bunga acuannya di 5,5% selama pertemuan kebijakan dua hari yang diumumkan Rabu. Pasangan ini naik mendekati 1,0930 selama jam perdagangan Asia.

EURUSD menguat cukup signifikan pada perdagangan sesi kemarin karena pernyataan dovish dari Federal Reserve dan Ketua Fed Jerome Powell yang menggarisbawahi potensi keberlanjutan pertumbuhan harga menjadi perhatian penting bank sentral. Sementara itu, Gubernur European Central Bank (ECB), Christine Lagarde menggarisbawahi kekhawatirannya atas inflasi upah yang lebih rendah.

Dalam konferensi pers pasca pertemuan, pernyataan Ketua Fed Jerome Powell yang mengindikasikan sikap dovish, semakin membebani Greenback. Powell menggarisbawahi bahwa meski inflasi mulai menunjukkan tanda-tanda moderasi, tapi pertumbuhan harga yang masih terjadi tetap menjadi perhatian penting yang tidak dapat diabaikan oleh The Fed.

Sentimen pasar saat ini mencerminkan bagaimana ekspektasi terhadap pelonggaran lebih lanjut di tahun 2024, meskipun proyeksikan pertumbuhan ekonomi AS oleh federal Open Market Committee FOMC) lebih kuat sepanjang tahun 2024 dan 2025 dibandingkan proyeksi sebelumnya. Khususnya, Dot Plot ekspektasi suku bunga FOMC juga menunjukkan kenaikan di ujung kurva yang panjang. Suku bunga diperkirakan akan mencapai sekitar 3,1% pada akhir 2026, dari proyeksi sebelumnya sebesar 2,9%.

Dari sisi Eropa, Presiden ECB, Christine Lagarde, menggarisbawahi kekhawatiran mengenai inflasi upah yang lebih rendah. Inflasi upau merupakan sebuah faktor yang sebelumnya ditekankan oleh bank sentral Eropa tersebut sebagai hal yang sangat penting dalam menentukan keputusan kebijakan di masa depan.

Selain itu, Wakil Presiden ECB, Luis de Guindos, juga memperingatkan agar tidak mengambil tindakan prematur, dengan menyatakan bahwa pendekatan wait and see diperlukan karena inflasi jasa yang masih tinggi. Pembuat kebijakan ECB Pablo Hernandez de Cos menggaungkan sentimen ini dan mengisyaratkan akan kemungkinan penurunan suku bunga di bulan Juni, meski bergantung pada data ekonomi yang dirilis.

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSD 21032024.jpg

Grafik pada timeframe H1 memperlihatkan pergerakan konsolidasi EURUSD pasca kenaikan yang cukup signifikan di sesi kemarin dari level 1.0836 dan menghentikan penurunan dalam tiga hari sebelumnya. Kenaikan tajam yang menembus Simple Moving Average (SMA), dan Relative Strength Indeks (RSI) yang masih bertahan di dalam area Overbought menunjukkan tren kenaikan pasangan EURUSD saat ini.

EURUSD masih berpotensi melanjutkan kenaikan jika SMA50, berhasil menembus SMA100. Penembusan ini membuka peluang pasangan lanjutkan kenaikan ke level 1.0950, dengan posisi BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0944 dengan target profit di level 1.0953/1.0956. Sementara kemungkinan koreksi, dengan melihat RSI turun ke bawah area Overbought, membuka peluang SELL GBPUSD yang dapat dipertimbangkan pada level 1.0930 dengan target profit pada level 1.0924/1.094420.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera