EURUSD Masih Tertahan Dekat Level Psikologis

EURUSD Masih Tertahan Dekat Level Psikologis

Diperbarui • 2024-03-07

EURUSD masih tertahan dekat level psikologis setelah kenaikan baru-baru ini, Kamis (07/03/2024) menjelang pengumuman keputusan suku bunga European Central Bank (ECB) yang diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunganya. Event ini dilanjutkan dengan pidato Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell untuk hari kedua setelah mengindikasikan kesiapan bank sentral AS untuk menurunkan suku bunga dalam kondisi tertentu di tahun ini.

EURUSD tetap stabil di sekitar 1,0900, sedikit terkoreksi dari level tertinggi enam minggu di 1,0915 yang berhasil dicapai pada perdagangan kemarin setelah pernyataan dovish Jerome Powell dalam testimoninya di depan Komite Jasa Keuangan DPR dan ECB yang akan mengumumkan Keputusan Kebijakan Moneternya pada hari ini.

ECB diperkirakan akan mempertahankan suku bunga Fasilitas Simpanan di 4,0%, dan kemungkinan akan menjadi pertemuan keempat berturut-turut bank sental Eropa itu tanpa perubahan. Bersamaan dengan keputusan ini, ECB akan merilis prakiraan ekonomi terbaru yang dilanjutkan dengan pernyataan Presiden ECB, Christine Lagarde, pada konferensi pers setelah pertemuan yang sangat diawasi oleh para investor untuk mendapatkan wawasan mengenai sikap kebijakan moneter dan prospek ekonomi bank sentral ke depannya.

Sebelumnya, Jerome Powell mengisyaratkan kesiapan bank sentral AS untuk mengurangi biaya pinjaman "pada suatu saat” di tahun ini, seperti yang ditunjukkan dalam Laporan Kebijakan Moneter tengah tahunan. Namun, eskalasi krisis perbankan regional baru-baru ini di Amerika Serikat (AS) berpotensi mempercepat jadwal ini. Para investor menantikan petunjuk tambahan dari Ketua Fed Jerome Powell pada kesaksian hari kedua pada Kamis, hari ini.

Sementara itu, kenaikan EURUSD juga dipengaruhi oleh penurunan indeks dolar AS karena penurunan imbal hasil obligasi AS menyusul data ketenagakerjaan AS yang lebih lemah. Data ADP Employment Change AS bulan Februari menunjukkan kenaikan sebesar 140 ribu dari laporan sebelumnya 111 ribu, namun masih di bawah perkiraan 150 ribu lapangan kerja. Selain itu, data JOLTS Job Openings AS bulan Januari mencatat penurunan menjadi 8.863 juta dari 9.026 juta di bulan Desember, meleset dari perkiraan pasar sebesar 8.900 juta. Rilis laporan tenaga kerja Nonfarm Payrolls (NFP) pada hari Jumat akan menjadi fokus pasar berikutnya yang diawali dengan data klaim tunjangan pengangguran awal mingguan AS.

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSD 07032024.jpg

Grafik pada timeframe H1 memperlihatkan EURUSD masih mempertahankan tren kenaikan untuk hari kelima berturut-turut meski koreksi dari level atas enam pekan terakhir yang disentuh pada perdagangan kemarin di level 1.0912. Harga saat ini tertahan di sekitar level psikologis di 1.0900 yang bergerak relatif jauh di atas Simple Moving Average (SMA) yang juga bergerak naik. Sementara indikator Relative Strength Index (RSI)14 yang saat ini sedikit di bawah garis yang membatasi area overbought  dapat menjadi indikator potensi kenaikan lebih lanjut, jika grafik masuk ke area overbought. Namun, tetap hati-hati akan potensi koreksi EURUSD kembali menembus ke bawah level psikologis yang akan membawa pasangan mata uang bersama ini turun menuju level 1.0880.

Jika EURUSD cukup kuat melanjutkan kenaikan peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0908 dengan target profit di level 1.0914/1.0918. Sementara kemungkinan koreksi membuka peluang SELL yang dapat dipertimbangkan pada level 1.0896 dengan target profit pada level 1.0888/1.0885.

Mulai Trading Sekarang-2.png 

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera