Average True Range

Average True Range

Average True Range (ATR) merupakan indikator pengukur volatilitas pasar. Indikator ini menunjukkan seberapa banyak aset bergerak, rata-ratanya, dan selama jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, indikator ini membantu dalam menentukan ukuran rata-rata dari rentang trading hariannya. Indikator ini diperkenalkan oleh J. Welles Wilder Jr. dalam bukunya yang berjudul New Concepts in Technical Trading Systems.

Tentang ATR.

Indikator ini diukur berdasarkan dengan apa yang disebut true range. Ia menggunakan nilai absolut dari high saat ini yang kurang dari penutupan sebelumnya atau nilai absolut dari low saat ini yang kurang dari penutupan sebelumnya. ATR merepresentasikan moving average dari rentang-rentang (ranges) ini.

ATR akan meningkat jika trading berlangsung lebih volatil (bar harga panjang) dan menurun selama periode volatilitas rendah (bar harga pendek). ATR sering digunakan untuk menentukan posisi terbaik untuk order stop loss.

Indikator ATR

Cara penerapannya.

ATR sudah termasuk indikator bawaan di MetaTrader. Anda bisa menambahkannya ke grafik dengan mengeklik “Insert” – “Indicators” – “Oscillator”, lalu pilih “ATR”. 

Secara baku, MetaTrader menawarkan kepada Anda periode "14". Jika Anda memilih angka yang lebih kecil, indikator akan menghasilkan lebih banyak sinyal trading di samping jumlah sinyal palsu yang juga akan meningkat. Jika Anda memilih angka yang lebih besar, jumlah sinyal trading cenderung akan menurun. 

ATR dapat digunakan pada timeframe yang lebih besar dari H1. 

ATR MetaTrader

Cara penafsirannya.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Average True Range memiliki dua pengaplikasian penting. Mari kita pelajari.

Harap diperhatikan, di MetaTrader indikator akan muncul dalam pip, jadi pembacaan ATR sebesar 0,0025 berarti 25 pip. 

Penggunaan ATR sebagai filter

Indikator dapat digunakan sebagai filter tren. Semakin tinggi nilai indikator, semakin tinggi probabilitas perubahan trennya. Semakin rendah nilainya, semakin lemah pergerakan trennya. 

Untuk menganalisis tren dengan ATR, Anda membutuhkan garis tengah. Saat indikator menerjangnya, berarti di pasar sedang berlangsung pergerakan yang sangat tajam. Tidak ada garis tengah khusus untuk indikator ini, sehingga semuanya dilakukan secara visual. Sebagai opsi, Anda bisa menggunakan moving average dengan periode yang besar seperti 100. Caranya, pilih "Moving Average" di antara indikator tren MT4 di panel "Navigator", lalu geser dan letakkan di grafik indikator ATR. Pada jendela yang muncul, pilih "First Indicator’s Data” dari menu drop "Apply to" pada tab "Parameters". 

Ketika indikator berada di bawah moving average, berarti pasar sedang tenang. Begitu ATR menerjang moving average, tren siap dimulai.

Volatilitas tinggi dan rendah di pasar dengan indikator ATR

Untuk mengonfirmasi tren, perlu menerapkan indikator ini pada beberapa timeframe, misalnya, pada D1 dan H1. Jika mereka bergerak ke arah yang sama dan garis ATR menerjang moving average pada timeframe yang lebih kecil, berarti pasar mulai hidup.

Akan lebih baik lagi jika menerapkan indikator Envelope ke ATR. Logikanya sama. Jika ATR berada di bawah garis Envelope, berarti volatilitas rendah. Terjangan ke atas menandakan bahwa pergerakan harga telah beralih menjadi lebih intens.  

Dan yang terakhir, ATR dapat memberi informasi kepada Anda tentang kelayakan trading. Jika nilai indikator lebih besar dari, misalnya 20, pasar mungkin sedang menjalani kondisi yang ekstrem. Biasanya ini terjadi ketika berita penting dirilis. Jika pembacaan ATR lebih kecil dari 10, harga kemungkinan sedang tidak stabli, ukuran candlestick kecil sehingga potensi profitnya menjadi terbatas. Jika Anda melihat bahwa pasar telah membuat pergerakan yang sama dengan atau melebihi ATR hariannya, kemungkinan besarnya tidak akan bergerak banyak ke arah tersebut pada hari yang sama. Sehingga, ini bukan waktu yang tepat untuk merisikokan kelanjutan pergerakannya. Sebaliknya, ada baiknya mencari sinyal pada arah yang berlawanan. 

Penggunaan ATR untuk keluar pasar.

ATR membantu trader dalam menetapkan order stop loss dengan pertimbangan volatilitas pasar. Ini berlaku untuk order stop loss static maupun trailing. 

Saat pasar bergerak volatil, order stop loss harus ditetapkan lebih longgar agar terhindar dari stop out trading karena beberapa market noise yang acak. Saat volatilitasnya rendah, order stop loss dapat dipasang lebih ketat. Disarankan untuk menetapkan stop loss sama dengan 1-4 kali nilai ATR. 

Indikator Average True Range

Untuk trailing stop, Anda menempatkan stop loss dengan 2 kali nilai ATR di bawah harga entry jika posisinya beli, atau 2 kali nilai ATR di atas harga entry jika posisinya jual. Ada juga yang disebut "chandelier exit" ketika stop loss ditempatkan di bawah harga high tertinggi yang dicapai sejak Anda membuka posisi beli. Jarak antara high tertinggi dan level stop ditetapkan sebagai multi-pengalian nilai ATR. Sebagai contoh, kita bisa mengurangi tiga kali nilai ATR dari high tertinggi sejak kita membuka posisi.

Kesimpulan.

ATR umumnya digunakan dalam pembuatan sistem trading otomatis. Ini membantu dalam membangun filter yang memperhitungkan volatilitas akun atau menyesuaikan variabel yang berbeda dengan pasar. Mereka yang bertransaksi secara manual sering kali mengabaikan kegunaan indikator Average True Range. Sebaliknya, dengan menggunakan indikator ini, trading Anda bisa jauh lebih baik dan lebih akurat. 

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Berita terbaru

Keputusan Suku Bunga ECB: wawasan untuk euro

Bank Sentral Eropa (ECB) mengadakan pertemuan pada tanggal 22 April, pukul 14.45 MT.

Akankah BOC memberikan dorongan pada CAD?

Bank of Canada (BOC) akan mengumumkan pernyataan dan pembaruan suku bunga pada 21 April, pukul 17.00 waktu MT.

Semua perhatian tertuju pada laporan penjualan ritel AS

Data Penjualan ritel AS akan keluar pada Kamis, 15 April, pukul 15.30 waktu MT.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pelajari lebih lanjut

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

"Follow" kami di Facebook

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah 00:30:00

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera