Parabolic SAR

Parabolic SAR

Parabolic SAR merupakan indikator andal yang membantu dalam menganalisis arah tren. Kata SAR merupakan singkatan dari “Stop and Reverse”. Istilah ini mengandung arti bahwa indikator tidak hanya dapat menentukan tren, tetapi juga memberi tanda waktu pemberhentian tren dan pembalikan arahnya. Indikator ini dikembangkan oleh J. Welles Wilder, yang juga dikenal sebagai pencipta indikator ATR dan RSI.

Cara penerapannya.

Parabolic SAR merupakan indikator bawaan MetaTrader. Anda bisa menambahkannya ke grafik dengan mengeklik "Insert" – “Indicators” – “Trend” dan kemudian memilih "Parabolic SAR”.

SAR1.png

Indikator ini memiliki 2 parameter yang harus diatur: "step" dan "maximum". Secara bawaan, nilainya adalah 0,02 dan 0,2. Step adalah ukuran dari faktor percepatan. Faktor percepatan ini dimulai dengan nilai ini dan kemudian meningkat oleh ukuran langkah (step size) dengan setiap high baru (low untuk tren turun), sampai nilai yang ditentukan oleh parameter maximum.  Anda bisa mulai dengan parameter bawaan dari indikator dan kemudian menyesuaikannya dengan aset yang Anda perdagangkan, timeframe yang Anda gunakan dan gaya trading Anda. Indikator ini dapat menjadi lebih atau kurang sensitif terhadap harga tergantung pada pilihan Anda. Semakin tinggi faktor percepatannya, pergerakannya terhadap harga semakin sensitif. Namun, sebaiknya Anda tidak mengaturnya terlalu tinggi, karena dapat memberikan begitu banyak sinyal pembalikan. Wilder merekomendasikan agar tidak mengatur maximum di atas 0,22. 

Cara penafsirannya.

Parabolic sangat mudah digunakan. Indikator ini muncul sebagai titik-titik yang menentukan arah tren. Titik-titik yang berada di bawah harga menandakan tren sedang bullish, sedangkan titik-titik yang muncul di atas harga menandakan tren sedang bearish.    Saat tren berubah arah, Parabolic memberi sinyal entry. Parabolic mensinyalir pembalikan bearish ketika ia memotong harga ke atas dan membentuk 3 titik turun di atas candlestick.  Parabolic menandakan pembalikan bullish ketika ia memotong harga ke bawah dan membentuk 3 titik naik di bawah candlestick. 

SAR2.png

Indikator ini juga menawarkan panduan yang baik dalam menentukan titik exit. Caranya cukup mudah: Anda menutup transaksi beli ketika SAR kembali berada di atas harga dan menutup transaksi jual ketika Parabolic kembali berada di bawah harga. Dengan cara ini, Anda mempertahankan posisi tetap terbuka sesuai arah pergerakan indikator saja. Selain itu, Parabolic SAR juga menyediakan panduan untuk Trailing Stop. Pada tren naik, indikator ini akan naik mengikuti lonjakan harga. Pindahkan order Stop Loss Anda dari satu titik ke titik berikutnya untuk membatasi risiko dan mengunci profit. 

Kesimpulan

Parabolic SAR merupakan indikator andal dan unik. Indikator ini berfungsi baik di pasar yang sedang dalam keadaan trending dengan reli dan penurunan yang panjang. Namun, di pasar sideway ada risiko tinggi mendapatkan sinyal palsu.  SAR akan bekerja dengan baik jika dikombinasikan dengan indikator teknikal lainnya, misalnya, ADX. Jika ADX mengonfirmasi adanya tren yang kuat, Anda bisa lebih optimis dalam menggunakan Parabolic SAR.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Berita terbaru

Keputusan Suku Bunga ECB: wawasan untuk euro

Bank Sentral Eropa (ECB) mengadakan pertemuan pada tanggal 22 April, pukul 14.45 MT.

Akankah BOC memberikan dorongan pada CAD?

Bank of Canada (BOC) akan mengumumkan pernyataan dan pembaruan suku bunga pada 21 April, pukul 17.00 waktu MT.

Semua perhatian tertuju pada laporan penjualan ritel AS

Data Penjualan ritel AS akan keluar pada Kamis, 15 April, pukul 15.30 waktu MT.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pelajari lebih lanjut

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

"Follow" kami di Facebook

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah 00:30:00

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera