Jenis grafik

Jenis grafik

Ada 3 jenis grafik yang paling umum digunakan di MetaTrader. Anda bisa beralih dari satu grafik ke yang lainnya dengan mengeklik ikon pada toolbar "Charts".

Mari simak perbedaan jenis-jenis grafik tersebut.

Grafik Garis (Line Chart)

Grafik garis merupakan jenis grafik yang paling sederhana dari semua jenis grafik yang ada. Jenis grafik ini dibentuk dengan menghubungkan harga penutupan dari setiap periode, misalnya, penutupan harian untuk grafik garis harian, atau penutupan mingguan untuk grafik mingguan.

Mengingat grafik garis hanya menggunakan harga penutupan, beberapa market noise dapat diminimalisir (yaitu pergerakan harga yang tidak penting) sehingga trader bisa lebih fokus pada segala perubahan kunci harga. Jenis grafik ini dapat dipahami dengan mudah oleh para trader pemula. Grafik garis memungkinkan trader untuk mengidentifikasi level support dan resistance penting, tren dan pola grafik tertentu.

Kekurangannya, yakni grafik garis tidak dapat menyediakan kepada trader informasi harga secara lebih banyak. Trader terkadang membutuhkan tidak hanya informasi tentang harga penutupan, tetapi juga level-level harga pembukaan, harga tertinggi (high) dan terendah (low). Kekurangan lainnya adalah grafik garis tidak mampu menunjukkan adanya gap. Tapi ada jenis grafik lain (bar dan candlestick) yang dapat membantu Anda dalam hal ini.

line chart.png

  • Grafik Batang (Bar Chart)

    Grafik batang menunjukkan rentang harga selama periode waktu tertentu. Batang atau bar di sini merupakan garis vertikal yang menghubungkan harga tertinggi dan terendah selama periode waktu tertentu. Garis horizontal merepresentasikan harga pembukaan (kiri) dari periode trading tertentu dan harga penutupan (kanan). Pada grafik mingguan, masing-masing bar bertahan selama 1 minggu. Pada grafik per jam (H1), masing-masing bar menunjukkan cakupan price action selama 1 jamnya.

    Perbedaan warna dapat digunakan untuk mengenali bar yang ditutup pada harga yang lebih tinggi dari yang dibuka (bar bullish atau naik) atau pada harga yang lebih rendah dari yang dibuka (bar bearish atau turun). Pada contoh di bawah ini, bar bullish ditunjukkan dengan warna hijau, sedangkan bar bearish dengan warna merah.

    Dengan grafik batang, trader bisa dengan cepat menyusun gagasan tentang kemungkinan yang akan terjadi dengan harga pada momen dan periode waktu tertentu. Ini tentunya sangat nyaman digunakan untuk menganalisis pasar.

bar chart.png

  • Grafik Candlestick (Candlestick Chart)

    Grafik candlestick memuat informasi yang sama untuk trader seperti halnya pada grafik batang, tetapi tubuh batang lilin (candlestick body) diberi dimensi dan warna (biasanya warna hijau/putih jika harga naik selama periode waktu tertentu atau merah/hitam jika harga turun). Jenis grafik ini berasal dari Jepang. Konon, jenis grafik ini diciptakan pada abad ke-18 oleh seorang trader komoditas beras bernama Munehisa Homma.

    Garis-garis yang menjulur ke atas dan ke bawah dari tubuh candle disebut sumbu (wick) atau bayangan (shadow). Bagian atas sumbu (upper wick) menunjukkan harga tertinggi selama periode waktu tertentu, sedangkan bagian bawah ( lower wick) menunjukkan level harga terendah selama periode waktu tertentu. Jika candlestick memiliki sumbu yang besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, maka mensinyalir adanya potensi titik pembalikan di pasar. Trader berpengalaman bisa memperoleh banyak informasi tentang psikologi pasar dari grafik candlestick.

    Sebagian besar trader sepakat bahwa grafik candlestick lebih mudah dibaca dibanding batang walaupun masih ada yang lebih menyukai grafik batang ketimbang candlestick.

candlestick chart.png

Jenis grafik mana yang terbaik? Masing-masing trader tentunya memiliki jawaban sendiri. Pemilihan grafik juga tergantung pada sasaran Anda dalam analisis pasar kami. Grafik garis dapat menjadi alat yang mumpuni untuk mengenali tren dengan cepat. Sementara grafik candlestick secara visual terkesan lebih informatif, dan secara umum merupakan grafik yang paling digemari oleh trader mata uang. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang candlestick Jepang pada artikel berikut.

 

 

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Berita terbaru

Keputusan Suku Bunga ECB: wawasan untuk euro

Bank Sentral Eropa (ECB) mengadakan pertemuan pada tanggal 22 April, pukul 14.45 MT.

Akankah BOC memberikan dorongan pada CAD?

Bank of Canada (BOC) akan mengumumkan pernyataan dan pembaruan suku bunga pada 21 April, pukul 17.00 waktu MT.

Semua perhatian tertuju pada laporan penjualan ritel AS

Data Penjualan ritel AS akan keluar pada Kamis, 15 April, pukul 15.30 waktu MT.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pelajari lebih lanjut

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

"Follow" kami di Facebook

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah 00:30:00

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera